Menilik Sejarah Terowongan Casablanca, Urban Legend di Jakarta

Menilik Sejarah Terowongan Casablanca, Urban Legend di Jakarta

gracefuldreams.com – Di kalangan masyarakat Indonesia, ada banyak sekali urban legend yang beredar luas selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah tentang Terowongan Casablanca. Hal ini tidak terlepas dari sejarah Terowongan Casablanca yang terbilang sangat panjang.

Bahkan banyak juga isu beredar di masyarakat yang mengatakan jika terowongan ini dibangun di atas tanah angker. Hal inilah yang membuatnya dipenuhi aneka cerita misteri.

Sejarah Terowongan Casablanca yang Kini menjadi Urban Legend Jakarta

Mengutip dari buku 666 Misteri Paling Heboh: Indonesia & Dunia, Tim Pustaka Horor (2011:22), Terowongan Casablanca terletak di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur, dan dibangun di atas tanah pekuburan, sehingga terbilang angker.

Sebenarnya, lokasi terowongan ini terbilang sangat strategis karena menghubungkan kawasan bisnis di Jakarta, yaitu Jalan Sudirman dengan Jalan Jatinegara. Tentunya membuat terowongan ini juga tidak pernah terbebas di macet, termasuk di jam-jam sibuk, seperti jam berangkat dan pulang kantor.

Menurut sejarah Terowongan Casablanca yang beredar di masyarakat, terowongan ini dibangun di atas tanah pekuburan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemandangan pekuburan setelah melewati terowongan tersebut.

Hal inilah yang kemudian membuat terowongan ini terkenal dengan keangkerannya. Bukan hanya di Jakarta, tetapi juga di seluruh Indonesia.

Konon katanya terowongan ini adalah bekas pemakaman TPI Menteng Pulo yang digusur. Area tersebut memang berada di lokasi yang strategis, sehingga masuk ke dalam rencana pembangunan Pemerintah DKI Jakarta.

Akibatnya, kuburan massal tersebut dipindahkan ke lokasi lain. Meski sebenarnya sempat ada penolakan dan peringatan dari masyarakat setempat, tetapi pemindahan tersebut tetap berjalan.

Akan tetapi, katanya diketahui bahwa ada satu jenazah yang masih utuh dan belum sempat dipindahkan hingga akhirnya tertimbun konstruksi. Oleh karena itulah, masyarakat sekitar percaya bahwa kawasan terowongan ini sudah terkesan angker sebelum TPU dibangun.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, jauh sebelum adanya TPU dan Terowongan Casablanca, telah terjadi peristiwa pilu di lokasi ini. Di mana ada seorang gadis cantik yang menjadi korban pemerkosaan beramai-ramai oleh sekelompok pemuda.

Pada akhirnya, gadis tersebut disetubuhi secara bergantian hingga tewas. Setelah itu, tubuhnya dibuang begitu saja ke lokasi yang kini akhirnya menjadi terowongan. Meski sudah melegenda, tetapi cerita tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Demikian ulasan mengenai sejarah Terowongan Casablanca yang hingga kini telah menjadi urban legend di Jakarta karena cerita mistisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *