3 Contoh Tema Drama yang Menarik dalam Bahasa Indonesia

3 Contoh Tema Drama yang Menarik dalam Bahasa Indonesia

gracefuldreams.com – Pementasan drama diajarkan di sekolah agar siswa bisa melatih kepercayaan diri untuk tampil di hadapan banyak orang. Ada banyak contoh tema drama yang menarik yang bisa dijadikan referensi jika ingin praktik di sekolah.

Ketika diminta untuk membuat drama, seseorang akan kesulitan menentukan judul drama karena terlalu banyak tema yang bisa diangkat. Namun, seseorang bisa memilih tema yang memiliki pelajaran penting di dalamnya.

Pengertian Drama

Mengutip dari buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas XI, Asul Wiyanto, (82), pengertian drama adalah cerita yang diperagakan oleh para aktor atau pemain di atas panggung.

Apabila aktor menggunakan naskah yang dihafalkan maka disebut dengan drama modern. Namun, jika para aktor tersebut tidak menggunakan naskah dan langsung berdialog di atas panggung, maka disebut dengan drama tradisional.

Sedangkan pengertian aktor adalah orang yang memeragakan cerita dalam naskah sesuai peran yang dipercayakan kepadanya. Agar bisa menyampaikan cerita dengan tepat maka pemilihan aktor tidak bisa sembarangan.

Drama bisa dimainkan oleh campuran antara anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Namun bisa juga hanya dimainkan oleh anak-anak remaja saja seperti drama di sekolah.

Contoh Tema Drama yang Menarik

Tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran mengenai suatu hal dalam membuat karya sastra seperti drama. Adapun contoh tema drama yang menarik sebagai berikut.

1. Keluarga

Tema keluarga bisa dibawakan dalam drama sekolah yang diperankan oleh siswa. Nantinya ada siswa yang berperan sebagai Ayah, Ibu, dan anak. Masalah yang diangkat bisa tentang masalah keluarga pada umumnya seperti menghabiskan waktu bersama.

2. Hubungan dan Cinta

Contoh tema kedua adalah mengenai hubungan dan cinta mulai dari masalah pertemanan, konflik percintaan, dan kisah cinta yang melibatkan banyak aspek seperti pertemuan yang tidak terduga atau pilihan sulit yang harus diambil oleh pasangan tersebut.

3. Misteri dan Kejahatan

Tema misteri dan kejahatan adalah salah satu tema yang juga bisa dibawakan melalui drama. Tema ini akan membawa penonton ke dunia yang penuh ketegangan dan mengajak penonton untuk turut serta dalam memecahkan suatu kasus.

Contoh kasus yang bisa diangkat adalah penculikan, pencurian, dan kasus misteri lainnya yang disertai dengan plot twist.

Ketiga contoh tema drama yang menarik di atas adalah tema yang sering diangkat dalam naskah drama. Penulis naskah perlu melakukan pengamatan mengenai masalah yang dapat diangkat dalam drama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *