3 Patung di Bandung Lengkap dengan Sejarahnya

3 Patung di Bandung Lengkap dengan Sejarahnya

gracefuldreams.com – Ada beberapa patung di Bandung yang menarik untuk ditelusuri sejarahnya untuk menambah wawasan. Seperti yang diketahui bahwa Bandung menjadi salah satu kota yang akan selalu menjadi tujuan ketika liburan.
Selain kulinernya yang khas dan beragam, Kota Kembang ini juga punya banyak objek wisata dengan banyak aktivitas menarik. Dari sekian banyak tempat yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung, patung bersejarah juga kerap kali menjadi tujuan wisata sejarah.

Rekomendasi Patung di Bandung untuk Wisata Sejarah

Patung di Bandung. Foto hanya ilustrasi. Bukan foto yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Evan
Dikutip dari buku Seni Rupa SMP, Eighteen (2020), patung diartikan juga sebagai sebuah cipta karya manusia yang meniru bentuk dan memiliki keindahan (estetik). Patung sering kali menjadi karya untuk mengabadikan suatu peristiwa.
Salah satu tujuannya adalah untuk mengenang jasa pahlawan sekaligus sebagai sumber informasi sebuah peradaban. Berikut beberapa rekomendasi patung di Bandung yang bisa para pengunjung datangi untuk wisata sejarah.

1. Patung Persib

Patung Persib merupakan patung pemain sepak bola yang sudah ada sejak Persib Bandung menjadi juara perserikatan tahun 1990. Ada ritual tahunan yang dilakukan kelompok suporter Persib.
Para suporter yang memiliki sebutan Viking ubu akan memandikan patung Persib, ketika Persib sedang berulang tahun. Patung ini berlokasi di perempatan Jalan Tamblong, Jalan Lembong, Jalan Sumatra dan Jalan Veteran.

2. Patung Husein Sastranegara

Patung ini terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh. Patung ini seolah menjadi ucapan selamat datang untuk masyarakat yang menuju ke bandara.
Husein Sastranegara ini adalah tokoh yang ikut berjuang dalam perang kemerdekaan. Tokoh ini ikut andil dalam berdirinya Angkatan Udara Indonesia.

3. Patung Tentara Pelajar dan Patung Laswi

Patung atau tugu ini didirikan untuk mengenang jasa para pelajar dan laskar wanita Indonesia yang juga turut berjuang melawan penjajahan Belanda bersama-sama dengan tentara Indonesia. Kedua patung ini merupakan hasil karya seniman Sunaryo.
Sunaryo merupakan pendiri Selasar Sunaryo Art Space. Patung laskar wanita sendiri diresmikan oleh Walikota Bandung Husein Wangsaatmaja pada 10 Novermber 1981. Patung ini berdiri di area Viaduct.
Demikianlah penjelasan mengenai tiga patung di Bandung yang menarik untuk ditelusuri sejarahnya untuk menambah wawasan.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *