5 Fakta Game Online, Ternyata Tak Selalu Buruk!

5 Fakta Game Online, Ternyata Tak Selalu Buruk!

Apakah kamu pernah mendengar bahwa terlalu asik bermain gim bisa dianggap sebagai salah satu gangguan mental? Istilahnya adalah gaming disorder. Pertama kali istilah tersebut diperkenalkan dalam The International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems (ICD) pada Juni 2018.

Baru pada bulan Mei 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui dan menetapkannya sebagai salah gangguan mental. Beberapa gejala yang disebutkan untuk bisa dikatakan mengalami gaming disorder antara lain adalah berlebihan dalam bermain gim, prioritas aktivitas hanya bermain gim, dan mengabaikan kondisi kesehatan pribadi selama bermain gim.

Jangan sampai kamu mengalaminya, ya! Tetapi jika kamu sudah terlanjur, kamu harus berkonsultasi pada ahlinya karena tulisan ini memang tidak berupaya menjelaskan akibat buruk permainan daring atau online games. Artikel ini hendak menyampaikan aspek-aspek ilmiah dari seseorang yang suka bermain gim. 

1. Motivasi-motivasi di balik bermain game online

Ternyata ada 3 komponen motivasi ketika seseorang bermain game online. Nick Yee, seorang ilmuwan yang meneliti tentang motivasi telah menemukan 3 komponen motivasi yang dirasakan seseorang sewaktu bermain game online.

Komponen pertama adalah pencapaian. Apa yang ingin dicapai dari setiap permainan yang dimainkan. Sistem yang dipakai dalam permainan, aturan main hingga keinginan untuk bisa berkompetisi dengan orang lain. Coba ingat-ingat ketika kamu bermain COC, DOTA, Mobile Legend, Free Fire, atau mungkin PUBG!

Komponen kedua adalah komponen sosial. Orang yang bermain game online pasti memiliki keinginan untuk bisa terhubung dengan orang lain. Bisa ngobrol (voice chat) dan bahkan membantu orang lain menyelesaikan permainan. Orang yang ingin menjadi bagian dalam suatu permainan bersama orang lain sudah tentu memilih permainan game online yang dapat melibatkan banyak orang.

Ketiga adalah komponen untuk meleburkan diri dalam suatu permainan. Melalui suatu permainan, kita bisa membangun karakter yang unik bahkan mewujudkan berbagai keinginan kita. Meski tidak realistis, tetapi perasaan ini juga yang membuat kita sangat menyukai game online.

2. Dorongan menentukan nasib sendiri

Secara ilmiah dikatakan bahwa selalu ada dorongan dalam diri setiap orang untuk berperilaku. Dorongan-dorongan tersebut tidak terlepas dari teori mengenai keputusan menentukan nasib sendiri.

Teori dari Edward Deci dan Richard Ryan mengenai Self Determination menyebutkan bahwa perilaku manusia juga muncul karena adanya kebutuhan untuk dianggap lebih mampu, mandiri, dan berinteraksi dengan orang lain. Jika semua kebutuhan itu dapat terpenuhi dalam setiap permainan yang kita pilih maka semakin kuat kecenderungan kita untuk mengulangi kembali permainan tersebut.

Perasaan mampu dapat tercapai melalui alur game online yang dimainkan. Tantangan dalam game online yang dimainkan memiliki kompleksitas yang beragam; tidak terlalu mudah dan juga tidak sangat sulit. Game online yang terlalu mudah akan membosankan sementara game online yang terlalu sulit akan menjadi tidak menyenangkan jika dimainkan.

Kemandirian terpenuhi melalui kontrol yang dirasakan oleh seseorang sewaktu memainkan game online tertentu, sehingga secara sukarela kita dapat memainkannya kapan saja. Lalu, kebersamaan dengan orang lain akan dirasakan sewaktu kita dapat berinteraksi dengan pemain-pemain lain. Bahkan juga kemudian bersaing dengan orang lain dengan cara-cara yang berbeda dari kehidupan sehari-hari yang nyata. 

3. Fitur-fitur yang mempesona dalam gim

Setiap orang pasti memiliki kriteria yang berbeda dalam memilih dan menentukan game online apa yang akan dimainkannya. Namun tanpa kita sadari, sesungguhnya ada berbagai fitur dalam game online yang mampu menarik perhatian kita. Membuat kota, membangun benteng, mempersenjatai diri, hingga membunuh seseorang dapat dilakukan dalam sebuah permainan, tapi bukan di dunia nyata.

Berbagai penelitian telah mengidentifikasikan adanya perasaan nyaman, keasyikan, dan kesenangan yang didapat sewaktu bermain game online. Semua itu mungkin bisa didapatkan melalui keunikan permainannya, interaktifnya, dan hasil yang dapat dicapai melalui game online yang dimainkan.

Pulsa dan uang bisa didapatkan dari game online yang ditawarkan. Tidak heran, sampai hari ini akun-akun yang dipakai dalam permainan game online dapat diperjualbelikan. Bahkan, muncul juga perasaan ‘dunia nyata’ yang begitu kompleks dapat ditembus melalui game online yang dimainkan.

4. Ujung-ujungnya adalah kepuasan!

Seorang filsuf abad 16 yang bernama Thomas Hobbes sangat terkenal dengan temuannya mengenai apa yang melandasi semua perilaku manusia. Hedonisme! Ya, hedonisme yang artinya bahwa setiap individu manusia akan selalu berusaha mencapai kebahagian dan menghindari kesedihan. Lalu apa hubungannya dengan game online? Coba jawab pertanyaan ini: Apa yang membuat kamu terus-menerus bermain game online? 

Kepuasan dan berbagai pengalaman yang menyenangkan sewaktu bermain game online merupakan faktor utama bagi seseorang untuk berhenti bermain atau malah melanjutkan terus permainannya. game online dengan jalan cerita dan gambar visual yang buruk tentu tidak menyenangkan. game online dengan alur cerita yang menantang dan visualisasi serta grafik yang tampak nyata akan berkontribusi pada perasaan ingin mencoba dan bermain.

Jika kamu dikenali oleh seluruh pemain karena kamu sering memenangkan permainan dan bertengger di peringkat atas maka kepuasannya semakin tinggi. Semua itu akan membuat kamu untuk mencoba, mencoba, dan terus mencoba. Mengulang, mengulang, dan mengulangi permainan!

5. Pengaruh-pengaruh positif gim

Jika di awal tulisan disebutkan mengenai kemungkinan adanya gaming disorder maka untuk menyeimbangkannya perlu disebutkan hal-hal positif dari game online. Ah, mana mungkin game online bermanfaat secara positif? Jika kamu tidak yakin, maka kamu perlu membaca penelitian tahun 2016 dari Chiao Chen Chang mengenai jejaring sosial dan permainan daring.

Ada perbedaan yang mencolok antara seseorang suka bermain game online dengan mereka yang tidak pernah bermain game online. Penelitian menyebutkan bahwa seorang gamer memiliki koordinasi gerakan mata dan tangan yang baik.

Pemahaman ruang yang baik, pemahaman terhadap berbagai simbol, dan perhatian visual yang kuat. Tidak percaya? Coba mainkan game candy crush, tetris, mencari benda-benda dalam ruangan atau mencari perbedaan suatu gambar. Bandingkan responmu dengan teman-temanmu yang hampir tidak pernah memainkan game online tersebut.

Perubahan-perubahan terkait dengan jejaring sosial dan permainan-permainan game online semakin pesat saat ini. Kamu bisa temukan berbagai game online yang ‘menghibur’ atau berbagi game online yang ‘serius’. Bahkan game online serius kemudian telah merambah luas dalam area pendidikan, kesehatan, dan kejuruan. Jadi, jangan dulu beranggapan bahwa waktu yang dihabiskan untuk bermain game online selalu sia-sia. Perhatikan game online apa yang dimainkan!

Pesan akhir dari tulisan ini kemudian adalah untuk mengingatkan kembali bahwa permainan-permainan game online yang kita mainkan tidak saja dapat memberikan kesenangan dan hiburan semata.

game online saat ini bahkan telah mengubah dunia. Melampaui apa yang kita bisa bayangkan di masa lalu. Dari sekadar dimainkan sambil santai di rumah, kini menjadi sebuah kompetisi yang mendunia yang dimainkan secara profesional. Ya, sekarang eranya olahraga elektronik atau yang dikenal dengan istilah e-sports.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Slot Demo

Slot Pulsa

Slot Pulsa

Rokokslot

Slot x500

Slot x500

Slot Gopay

Slot Gopay

Slot Mahjong

Slot Gopay

Scatter Hitam

Mix Parlay

Rokokslot

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik